• Thu. Oct 22nd, 2020

Tanda Kehamilan Minggu Pertama

Tanda Kehamilan Minggu Pertama

6 Tanda Kehamilan di Minggu Pertama yang Harus Segera Disadari

Tanda Kehamilan Minggu Pertama

Bagi pasangan yang menginginkan buah hati, tentu tanda-tanda kehamilan adalah sesuatu. Yang sangat dinanti-nantikan Namun, ada beberapa pasangan.

Yang masih belum tahu bagaimana tanda kehamilan di minggu pertama dengan tepat. Kebanyakan orang mengira bahwa apabila istri sudah terlambat menstruasi, maka dia tengah mengandung.

Faktanya, terlambat datang bulan itu hanyalah salah satu dari sekian banyak tanda kehamilan yang ada. Dan lagi, terlambat menstruasi ini tidak hanya disebabkan oleh kehamilan, tetapi juga bisa disebabkan oleh berbagai hal lain misalnya stres, pola makan, kelelahan, gangguan hormonal dan lain sebagainya.

Supaya Anda bisa mendeteksi kehamilan lebih dini dengan tepat, maka Anda perlu mengenali tanda-tandanya dengan benar pula. Diantara tanda-tanda kehamilan tersebut ialah sebagai berikut.

5 Tanda Kehamilan di Minggu Pertama

Payudara Menjadi Bengkak dan Lebih Sensitif

Tanda yang pertama, biasanya payudara wanita akan menjadi lebih bengkak. Kondisi ini juga akan diikuti dengan gejala lain dimana payudara tersebut menjadi lebih lembut, nyeri dan sensitif pada saat disentuh. Kemudian, bagian puting biasanya akan lebih membesar dan warnanya juga menjadi lebih gelap dari biasanya.

Bahkan ada juga kondisi dimana ibu hamil merasa gatal pada bagian tersebut. Pembuluh darah yang terdapat pada payudara juga bisa terlihat akibat terjadinya penegangan payudara.

Terasa Sakit pada Pinggang Bagian Bawah

Tanda lainnya ialah terasa sakit pada pinggang yang bagian bawah. Tanda ini secara umum dialami oleh sebagian ibu hamil, yang bahkan terus dirasakan selama masa kehamilannya. Hal ini terutama diakibatkan oleh terjadinya perubahan postur tubuh dan bertambahnya berat badan.

Mual, Baik dengan Muntah Ataupun Tanpa Muntah

Ini adalah tanda umum yang biasa ditunjukkan oleh ibu hamil. Bukan hanya saat pagi hari saja, mual baik dengan muntah ataupun tanpa muntah seperti ini dapat terjadi kapan saja. Pemicunya adalah karena terjadi peningkatan hormon yang secara tiba-tiba di dalam aliran darah serta saluran air kencing.

Penciuman Menjadi Lebih Sensitif

Tanda kehamilan di minggu pertama yang lainnya ialah indra penciuman yang menjadi lebih sensitif. Tentu saja ini berbeda-beda pada setiap wanita. Ada beberapa wanita yang menolak bau-bauan tertentu, bahkan makanan dengan bau tertentu dan ada pula wanita yang justru menyukai bau tertentu.

Sering Lelah dan Mengantuk

Dari segi psikis, wanita yang hamil minggu pertama biasanya akan merasa lekas lelah yang membuatnya ingin segera beristirahat. Selain itu, ibu hamil juga cenderung menjadi lebih sering mengantuk. Dua kondisi ini diakibatkan oleh adanya perubahan hormonal dan karena kinerja beberapa organ vital jadi bertambah.

Pusing dan Sakit Kepala

Pusing serta sakit kepala juga termasuk dalam daftar tanda-tanda kehamilan di minggu yang pertama. Tanda ini biasanya diakibatkan oleh faktor fisik seperti tekanan darah yang rendah, lapar, mual serta lelah. Selain itu, pusing serta sakit pada kepala juga bisa disebabkan oleh masalah emosional seperti depresi dan tegang.

Lebih Sering Buang Air Kecil

Tanda kehamilan di minggu pertama yang bisa diamati lainnya ialah ibu hamil akan menjadi lebih sering buang air kecil. Ini dikarenakan janin yang terdapat dalam rahim akan menekan kandung kemih. Sementara itu, kandung kemih ini akan dipenuhi oleh urine lebih cepat sehingga keinginan untuk buang air kecil pun menjadi lebih sering juga,

Setelah Anda mendapati adanya tanda-tanda kehamilan di atas, sebaiknya Anda segera lakukan tes urine saja supaya hasilnya lebih pasti. Anda bisa melakukannya secara mandiri di rumah menggunakan test pack atau bisa juga dengan periksa di laboratorium.